Selasa, 09 Desember 2014

Perubahan Positif

Anak : “Ibu, mengapa cabe ini bisa berubah warna? Kemarinkan masih berwarna hijau, hari ini sudah berwarna merah.”

Seorang anak dengan rasa ingin tahu, bertanya pada ibunya.  Pernahkah kita memikirkan seperti apa yang dipikirkan anak kecil tadi? Pernahkah kita memikirkan siapa yang bewarnai cabe itu hingga berwarna merah atau buah mangga yang jika mentah dagingnya berwarna putih sedang jika masak dagingnya berwarna kuning matang? J

Subhanallah, setiap tanaman memiliki proses metabolisme sendiri-sendiri sehingga ia juga mempunyai siklus sendiri. Bunga, buah, biji, tunas, dan seterusnya. Allah mengatur setiap kehidupan di bumi sedemikian rupa sehingga setiap makhluk hidup dapat bermanfaat satu dengan yang lainnya.

Begitu pula dalam hidup ini, haruslah selalu lakukan perubahan. Sekecil apapun perubahan itu. Baik pada diri sendiri atau orang lain. Sejatinya setiap tanaman mengalami perubahan dalam setiap siklusnya dari biji hingga dapat menghasilkan buah atau sayur yang sangat dinantikan si pemilik tanaman. Begitupun manusia, perubahan dari kecil hingga menjadi seperti saat ini sangatlah dinanti oleh orang tua kita.

Setelah mengharapkan tanaman cepat berbuah untuk dipanen, si pemilik tanaman juga pastinya menginginkan buah yang dihasilkan manis, besar, biji kecil, daging banyak, dll. Begitu pula orang tua kita, selalu mengharapkan anaknya melakukan perubahan yang positif dalam hidupnya. Sehingga menjadi orang sangat disukai oleh temannya karena kebermanfaatannya, karena tutur katanya, dan karena perilakunya.

Hiduplah dengan selalu lakukan perubahan positif, sahabatku. Karena dengan perubahan itu, engkau bisa menjadi orang yang beruntung, Nabi Muhammad SAW bersabda “barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka” (HR Hakim)



“Dan sungguh pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya untuk kamu makan.” QS Al Mu’minun 20.

Anniyatus Sholihah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar